Parents Gathering UPH Festival 2019 Libatkan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran

 

Selain menyambut mahasiswa baru 2019 dengan serangkaian acara menarik, UPH menyambut  para orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya melanjutkan studi di UPH, melalui acara Parents gathering di hari ke-4 UPH Festival, pada 17 Agustus 2019, di Grand Chapel, Kampus UPH Lippo Village, Tangerang.

Rektor UPH, Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng., Sc., menyapa hangat ribuan orang tua yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam sambutannya, rektor menjelaskan point penting dalam setiap aktivitas kemahasiswaan di UPH yang disingkat 4C yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration, yang saat ini harus diterapkan di Indonesia.

Critical thinking yaitu kemampuan menemukan solusi dan yelesaikan masalah dengan nalar yang kritis. Sedang creativity berarti kemampuan mengembangkan ide dan konsep baru yang menghasilkan produk baru. Communication—melatih cara berkomunikasi yang efektif. Serta collaboration yaitu bagaimana bekerja sama secara produktif dengan menghargai perspektif berbeda.

“Dengan 4C ini, kami harap ke depannya mahasiswa mampu berpikir kritis, melatih kreativitas, memiliki kompetensi berkomunikasi dan menjadi pribadi yang berintegritas. Selain itu UPH berupaya mempersiapkan pembelajaran yang tidak hanya mendorong kemampuan mahasiswa secara akademik namun juga pertumbuhan  spiritual dengan Pendidikan yang holistis dan transformatif.” Lanjut Rektor.

Para orang tua juga diajak untuk aktif dalam proses pembelajaran melalui komunikasi dan interaksi dengan putra putrinya. Diharapkan penjelasan dalam sesi ini membangun sinergi antara UPH dengan orang tua dalam proses pendidikan yang dijalankan mahasiswa baru ini dalam 4 tahun ke depan.

Berikut kesan orang tua Mahasiswa Baru UPH 2019

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

Patrico Wijayanto, ayah dari Kinara Verga (Ilmu Komunikasi 2019) mengungkap paparan yang sampaikan oleh rektor dan para dekan di parents gathering tentang kualitas tenaga pengajar membuatnya semakin yakin bahwa ia tidak salah menempatkan anaknya untuk melanjutkan studi di UPH.

“UPH ini kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Saya percayakan anak saya kuliah di sini karena bagi saya UPH adalah salah satu universitas swasta paling bagus apalagi dalam hal sarana dan prasarananya. Dan ternyata tidak hanya kualitas fisiknya saja yang bagus, tenaga pengajarnya pun memiliki track record yang sudah teruji, seperti yang sudah diperkenalkan pak rektor. Kami juga senang melihat visi UPH yang menunjukkan UPH tidak hanya melulu mengajarkan akademis namun juga mempersiapkan mahasiswa secara spiritual,” Tutur Patrico.

Lebih lagi, Patrico mengungkap bahwa ia senang UPH menyediakan banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dianggap menjadi ladang untuk melatih keterampilan anaknya di UPH.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ong Susi, Ibunda Luis Alexander (Desain Komunikasi Visual, 2019)

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

“Saya mempercayakan anak saya melanjutkan studi di tempat ini karena mengetahui kualitas pengajar di tempat ini. Parents gathering ini juga membuka kesempatan untuk saya mengetahui lebih banyak tentang UPH dan semakin yakin dengan pilihan saya ini.”

Parents gathering ini tidak hanya memperkenalkan kualitas pembelajaran UPH, namun juga dapat memperlihatkan kualitas lingkungan di UPH.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

“Lingkungan UPH ini asri dan tertata rapi, mencerminkan kualitas UPH seperti yang kita para orang tua harapkan. Saya harap keasrian kampus ini dapat terus terjaga karena ini akan sangat mendukung suasana perkuliahan.” Ungkap Bonaria Magdalena, Ibunda Helena Chalista (Desain Komunikasi Visual UPH 2019).

Acara parents gathering juga memberi kesempatan untuk para orang tua bertanya melalui sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh sang rektor, Jonathan Parapak.

Acara ini ditutup dengan penyerahan door prize kepada orang tua yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan unik seputar UPH dengan benar. Pemberian door prize ini disponsori oleh Cinemaxx Theater dan Lippo Life.