Jakarta, 19 September 2019 - Co-founder TABU Neira Ardaneshwari Budiono, 23 tahun, terpilih sebagai salah satu pemenang penghargaan 120 Under 40: The New Generation of Family Planning Leaders yang diprakarsai Bill & Melinda Gates Institute for Population and Reproductive Health yang berada di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dengan dukungan Bayer. Para pemenang diumumkan pada Kamis, 12 September 2019 di Baltimore, Amerika Serikat.

 

120 Under 40 adalah program pengembangan generasi muda yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam bidang perencanaan keluarga dan kesehatan reproduksi di seluruh dunia. Program ini menyoroti aksi positif yang dilakukan 120 pemimpin muda di bawah usia 40 tahun untuk mempromosikan program keluarga berencana. Pemimpin-pemimpin muda ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi generasi muda dalam bertindak dan membangun masa depan yang sukses.

 

Oleh karena kontribusinya, co-founder TABU berhasil menjadi pemenang penghargaan 120 Under 40, yang menjadikannya orang Indonesia pertama dan satu-satunya yang memenangkan penghargaan tersebut. Sejak 2018, TABU secara aktif mempromosikan program keluarga berencana (family planning) di kalangan anak muda. TABU secara khusus memberikan edukasi kesehatan seksual dan reproduksi bagi anak muda Indonesia melalui media sosial. Saat ini, platform TABU di Instagram telah menggarap lebih dari 53,000 pengikut. Selain di media sosial, TABU juga memberikan pendidikan seksual langsung melalui kelas pendidikan seks, seminar, maupun talkshow di sekolah dan universitas.

 

“Terpilih menjadi pemenang 120 Under 40 merupakan suatu kebanggaan bagi saya dan tim TABU. Kami selalu bekerja keras dalam menyampaikan konten seputar kesehatan seksual dan reproduksi yang dibutuhkan generasi muda Indonesia setiap harinya. Seluruh dana bantuan yang diberikan akan kami gunakan untuk pengembangan TABU dalam visinya untuk menghancurkan stigma mengenai kesehatan seksual dan reproduksi di masyarakat dan membantu remaja dalam menentukan pilihannya secara bertanggung jawab,” ujar Neira A. Budiono, Co-founder TABU, yang menyandang gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia.

 

Proyek 120 Under 40 terdiri dari tiga fase yakni Nominate (Nominasikan), Vote (Memilih) dan Celebrate (Merayakan). Proses ini berlangsung pada tahun 2016, 2017 dan 2019. Seluruh pemimpin muda berjumlah total 120 orang yang telah terpilih selama tiga tahun tersebut akan dikumpulkan pada 2020, bertepatan dengan program Family Planning 2020 (FP2020) yang bertujuan untuk memberikan akses kontrasepsi berkualitas tinggi dan gratis bagi 120 juta perempuan di dunia. 

 

Periode nominasi tahun ini dibuka pada bulan Maret. Peserta yang mendaftarkan diri harus berusia 40 tahun atau kurang dan memiliki kontribusi besar dalam bidang perencanaan keluarga berskala lokal maupun nasional. Pada tahap Vote akan dilakukan pengambilan suara online, di mana nominasi yang berhasil mendapatkan 75 suara atau lebih akan lanjut ke tahap penjurian berikutnya. Setelah lolos dari penjurian, sekretariat proyek akan meninjau hasilnya dan menentukan 40 pemenang di tahun 2019. Masing-masing pemenang menerima dana bantuan sebesar $1.000 dari Gates Institute untuk meneruskan misi mereka dalam bidang keluarga berencana dan kesehatan seksual dan reproduksi. 

 

“Kelompok pemenang terakhir ini sama luar biasanya dengan kelompok pertama,” ujar Jose “Oying” Rimon II, Direktur Gates Institute sekaligus Ketua Juri 120 Under 40. “Para pemimpin muda ini menciptakan perubahan positif berjangka panjang di berbagai belahan dunia, dan pengaruh mereka akan berkembang ketika mereka menjalin hubungan dan kolaborasi baru dengan sesama pemenang 120 Under 40.”

 

Daftar lengkap pemenang 120 Under 40 tahun 2019 dapat dilihat di https://www.120under40.org/participants/winners/2019

 

Tentang TABU

TABU merupakan komunitas berbasis media sosial terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan seksual dan reproduksi. TABU didirikan pada tahun 2017 dengan tujuan untuk membangun generasi muda yang terbuka dan teredukasi dalam hal terkait kesehatan seksual dan reproduksi.  Untuk mencapai visi tersebut, TABU memiliki misi untuk meningkatkan (1) pengetahuan anak muda Indonesia terkait kesehatan seksual dan reproduksi, dan (2) kesadaran anak muda Indonesia mengenai pentingnya kesehatan seksual dan reproduksi.

 

Kontak kami

Christopher Antoni, Marketing & Public Relations Executive TABU

M: +62 858 3911 6318

Email: antoni.christopher@gmail.com

 

Alvin Theodorus, Co-Founder TABU

M: +62 878 8078 3126

Email: alvin.theodorus@gmail.com 

Email TABU: kontaktabu.id@gmail.com 

Instagram: @tabu.id