Lulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) tidak perlu bingung untuk menggapai perusahaan impiannya. Selain sebagai sarana yang menghubungkan lulusan UPH dengan berbagai perusahaan mitra, Career Center UPH juga selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para lulusan UPH. Salah satunya melalui program On Campus Recruitment (OCR) yang diadakan minimal delapan kali setiap tahun akademik. Program ini bertujuan untuk memangkas proses rekrutmen dari perusahaan mitra untuk lulusan UPH yang melamar. OCR kali ini menghadirkan PT Ultra Prima Abadi (Orang Tua Group) dan PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia yang diadakan pada 11 dan 18 September 2019, di Kampus UPH Lippo Village, Tangerang.

Saat ditemui, Marchella Gracia Ina Putri – Human Resourch Recruitment Supervisor Orang Tua (OT) Group mengatakan sangat berminat dengan lulusan UPH.  

“Lulusan UPH yang bekerja di OT sebagian besar berasal dari  Teknik Industri ataupun Teknologi Pangan. Kelebihan dari lulusan UPH, umumnya mereka tidak kaku seperti kebanyakan lulusan Teknik lainnya, jadi sangat membantu OT. Ditambah mereka juga kreatif, bisa negosiasi, dan komunikasi dengan baik, serta analisa data. Kami berharap melalui program ini bisa menyasar ke prodi lainnya diluar prodi Teknik,” ungkap Marchella.

Kinerja lulusan UPH yang baik juga diakui oleh PwC Indonesia. Dalam kesempatan OCR ini  mereka berharap dapat merekrut lebih banyak lulusan UPH bekerja di PwC Indonesia.

“Lulusan UPH yang bekerja di PwC cukup kompeten, terutama dari segi Bahasa Inggrisnya. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab dan integritas yang tinggi. Kami juga berharap dapat merekrut lulusan UPH sebanyak mungkin melalui program OCR ini,” tutur Hanatasha Septiani dan Nurkamila – Human Capital Staff PwC Indonesia.

Program OCR sendiri merupakan salah satu program Career Center UPH yang dirancang untuk memudahkan mahasiswa dan lulusan UPH untuk dapat bekerja di perusahaan mitra. Dengan mengundang perusahaan mitra ke kampus UPH, mahasiswa tidak perlu lagi melalui tahapan seleksi yang panjang. Hanya dengan melakukan pendaftaran secara online, mahasiswa ataupun lulusan UPH dapat langsung mengikuti walk in interview dengan membawa CV dan dokumen pendukung lainnya.

Bahkan pada OCR kali ini, PwC Indonesia juga mengadakan sesi sharing yang dihadiri oleh sejumlah staf yang bekerja di PwC Indonesia. Tujuannya agar lulusan UPH mendapatkan wawasan yang lebih tentang PwC Indonesia melalui pengalaman yang dibagikan oleh para pembicara.

Selain program OCR, Dharamanita Kusumaningrum – Manager of Corporate Relations UPH menyampaikan bahwa Career Center UPH juga sering menjalin kerja sama dengan beberapa prodi UPH untuk mengadakan pelatihan persiapan karir bagi mahasiswa UPH.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan BEM untuk mengadakan career workshop dan career expo. Kami juga terus mengembangkan kerja sama kami dengan perusahaan-perusahaan yang berkualitas baik nasional maupun multinasional,” lanjutnya.

Dharamanita menekankan perlunya beradaptasi dengan kondisi zaman yang terus berkembang, terutama terkait media digital. Tren media digital ini, membuat Career Center UPH mengutamakan penggunaan Website, Line Job, dan media sosial sebagai sumber informasi terkait peluang karier sekaligus juga sebagai sarana untuk dapat terus terhubung dengan mahasiswa dan lulusan UPH.

Tidak berhenti sampai situ, Career Center UPH juga terus melakukan pemantauan terhadap lulusan UPH yang bekerja di perusahaan mitra. Dharamanita menyampaikan bahwa dilakukan monitoring terhadap alumni UPH yang sudah lulus selama 2 tahun (sesuai peraturan dari DIKTI) melalui survei pengguna lulusan.

Testimoni lulusan UPH yang mengikuti program OCR:

Clairine Neonardi – Hukum 2015

“Saya tertarik untuk melamar ke bagian Human Resource Development OT Group karena eksistensi OT yang sudah lama dan OT juga sudah memiliki reputasi yang bagus, jadi saya sebagai fresh graduate bisa belajar dan menambah pengalaman di OT”, kata Clairine

Josh – Joint Degree UPH-RMIT Management 2015

“Menurut saya dengan mengikuti program OCR dan sesi sharing PwC Indonesia membuka kesempatan yang bagus, khususnya bagi fresh graduate seperti saya”, ujar Josh. (na)