Sebagai Global Kampus, Universitas Pelita Harapan (UPH) menyediakan sarana untuk mempersatukan beragam budaya dari berbagai negara yang ada, melalui komunitas  mahasiswa internasional atau International of Community Students (ICS). Saat ini mahasiswa asing UPH ada dari 20 negara diantaranya Korea, Myanmar, Brazil, Jepang, Filipina, Mongol, dan lainnya. Setiap tahunnya komunitas ini menggelar Cultural Week untuk memperkenalkan budaya dari negara asal mahasiswa internasional UPH. Tahun ini memasuki tahun ke-5, ICS Cultural Week mengangkat tema ‘Celebration Wonders’, pada 23-28 September 2019, di Kampus UPH Lippo Village.

Phoebe Hartono, mahasiswa Hubungan Internasional UPH 2017 yang menjadi ketua acara Cultural Week 2019, menjelaskan acara Cultural Week tahun ini  menampilkan festival budaya dari 4 negara, antara lain Holi Festival dari India, Rio Festival dari Brazil, The Carnival Of Venice dari Italia, dan So-ngkran Water Festival dari Thailand. Keempat festival itu merupakan event besar yang banyak menarik minat wisatawan dari berbagai dunia. 

Konsep Cultural Week dengan tema ‘Celebration Wonders’ menampilkan serangkaian kegiatan yang melibatkan mahasiswa internasional dan mahasiswa lokal. Tujuannya tidak lain untuk mengakrabkan para mahasiswa dan membangun rasa saling menghargai keunikan dari setiap negara.

“Bebagai kegiatan yang digelar diantaranya,  Cultural Parade, yang belum pernah diadakan di tahun-tahun sebelumnya. Cultural parade sendiri adalah acara fashion show bersamaan dengan flag parade di taman UPH dimana para model akan menggunakan kostum yang sesuai dengan festival yang kami angkat bersamaan dengan parade bendera-bendera dari beragam negara. Walaupun konsep acara Cultural Week kali ini adalah perayaan, kami tetap memberikan acara yang informatif seperti Exhibition Booth. Dalam Exhibition booth ini diharapakan mahasiswa mendapatkan beragam informasi dan kekayaan budaya dari festival yang diangkat. Exhibition ini juga dilengkapi dengan games interaktif,” tutur Phoebe.

Phobe menjelaskan perayaan Cultural Week 2019 ini juga ditutup dengan meriah di Summarecon Mall Serpong (SMS) pada 28, September 2019. Beragam penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPH hadir meramaikan suasana, seperti penampilan Hana Union, penampilan tarian dari mahasiswa ITC, juga performance dari Abraham Ewaldo, mahasiswa Conservatory of Music UPH yang juga Finalis The Voice Indonesia season 3.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuat mahasiswa dari Indonesia dan internasional dapat saling berinteraksi satu sama lain sehingga dapat berbagi kekayaan budaya antar negara dan memperluas wawasan para mahasiswa.  (na)