COVID-19 memang telah ditetapkan sebagai pandemic oleh WHO sebagai ancaman bagi kesehatan manusia di seluruh dunia. Wabah yang diduga berasal dari Wuhan, China, pada awal tahun 2020 dengan cepat menyerang ke sejumlah negara. Kini, hampir seluruh sektor suatu negara terganggu dari pandemic global ini, terutama Indonesia. Alhasil, banyak negara memilih untuk lockdown dan memberlakukan Work From home (WFH) - Kerja Dari Rumah untuk pegawai menghindari perkumpulan (interaksi sosial) secara partial demi memutus rantai penyebarannya.

Kebijakan 'lockdown' dan 'work from home' ini dirasa tepat sebagai momen kontemplasi bagi milenial agar tetap santai menyikapi virus corona. Rumah merupakan tempat yang paling aman dan nyaman saat ini untuk melakukan aktivitas. Jaga kondisi dan kreatif menjadi tuntutan milenial ketika work from home demi menjaga stabilisasi bisnis sebuah perusahaan. Meski COVID-19 merupakan ancaman, namun WFH memberikan momen yang bisa milenial sikapi dengan santai.

Gunakan waktu pagi buat olahraga

Work From Home bukan sebagai waktu dimana kamu gunakan untuk bermain-main, pastinya kamu memiliki tugas yang telah diberikan atasan. Meski waktu kerja penuh seperti biasanya, namun kamu masih bisa mengatur lebih baik dari biasanya. Nah, untuk lebih santai menghadapi ancaman kesehatan seperti virus corona, ada baiknya kamu lakukan olahraga sebelum menyelesaikan tugas. Olahraganya gak perlu ke GYM atau GOR, cukup keliling komplek aja yang deket rumah.

Jaga kebersihan diri dan ruangan

Setelah tubuh mulai panas dengan aktivitas olahraga kamu, istirahat sejenak sebelum melakukan bersih-bersih. Kebersihan merupakan pangkal kesehatan, jangan lupakan kalimat itu di momen ini. Lagi-lagi, milenial sangat dianjurkan melakukan hal yang mungkin jarang dilakukan sebelumnya. Ya, bersih-bersih ruangan rumah yang dijadikan tempat pengganti kantor. Hmm, seharusnya rumah adalah tempat utama yang harus kamu jaga kebersihannya, dong!

Menyapu, mengepel, dan mengelap meja adalah salah satu tugas yang sering kamu lakukan sejak SD. Masa kamu lupa cara melakukannya? Hehe. Ayolah, jaga kebersihan tempat tinggalmu dan lindungi keluarga dari ancaman COVID-19. Setelah membersihkan ruangan, mandi dan kemudian sarapan, ya. Bagus!

Sarapan dan makan buah segar

Setelah melakukan kegiatan menyehatkan, seimbangkan dengan porsi sarapan yang juga sehat untuk kamu fokus dan lebih kreatif mengerjakan tugas. Setelah sarapan, konsumsi buah dan sayur sebagai cemilan kamu disaat mulai mengerjakan tugas yang telah diberikan. Sebenarnya pola hidup sehat mudah, cuma waktu dan kegiatan kamu aja yang gak tepat. Nah, work from home jadi waktu yang tepat bagi kamu untuk menata hidup sehat dan tetap bisa fokus pada pekerjaan.

Kerjakan tugas dengan santai dan selesaikan!

Semua akan baik-baik saja. Itulah yang dunia sedang doakan untuk pemulihan aktivitas di dunia yang sedang dalam ancaman kesehatan. Setelah sarapan sudah merasa bugar, bukan? Mulai membuka dokumen/email/alat komunikasi yang dibutuhkan untuk kamu kerjakan tugas. Saat ini deadline bukan ancaman bagi pikiran dan perasaan kamu, karena ada yang lebih dibutuhkan, yaitu kondisi kesehatanmu. Tapi, lagi-lagi sebagai milenial kamu harus memiliki profesionalisme terhadap sebuah pekerjaan. Tetap santai, fokus, dan selesaikan! Itu yang jadi budaya milenial saat ini.

Ajak komunikasi orang kantor

Ya, satu lagi yang terpenting adalah komunikasi. Siapa pun yang kamu ajak komunikasi saat ini seperti orang kantor, baik itu atasan, bawahan atau tim. Meski bakal jarang ketemu dengan bertatap muka secara langsung karena sebuah kebijakan, komunikasi dengan 'chat' atau 'video conference' penting buat menjalani masa 'kerja dari dirumah' dan menyelesaikan tugas. Lakukan sharing discussion secara santai dan terbuka dengan rekan kerja, supaya bisa melakukan sebuah rencana yang baik dalam tugas dan kondisi selama work from home.