Dilengkapi dengan sistem online learning yang user-friendly dan dilengkapi dengan beragam kelebihan yang telah dirasakan, menurut Marsha ini menjadi bukti komitmen UPH dalam memastikan lulusan PJJ Ilkom memiliki kualitas yang bagus.Ditambah lagi dengan gaya pengajaran dosen dan tutor yang responsif sertakomunikatif sangat membantu. Hal ini menjadi poin penting bagi Pendidikan Jarak Jauh Ilmu komunikasi (PJJ Ilkom) UPH. Namun tentunya kemudahan sistem tidak menjadikan kualitas PJJ Ilkom di bawah standard. Hal ini diakui Marsha Risdasari, presenter, penyanyi, dan pemain sinetron sekaligus mahasiswa PJJ Ilkom Angkatan 2017.

“Sistem PJJ Ilkom sangat fleksibel dari sisi waktu dan memiliki sistem moodle yang tidak rumit. Materi perkuliahan di PJJ Ilkom sendiri juga berbobot, tugas yang diberikan juga beragam. Bisa dibilang materi perkuliahan di PJJ ini sulit, tapi menurut saya ini menjadi satu kelebihan. Materi kuliah yang berkualitas tersebut akhirnya mendorong kita untuk berpikir kritis dan membuat kita bisa bersaing dengan mahasiswa reguler pada umumnya,”

Tidak hanya itu Marsha juga bercerita mengenai adanya sistem Turnitin yang mendorong ia dan mahasiswa PJJ Ilkom lainnya untuk berpikir secara original dan tidak asal copy-paste beragam sumber. Sistem Turnitin merupakan sebuah sistem untuk memastikan originalitas suatu karya tulis, dan bagi Marsha ini juga menjadi kelebihan PJJ Ilkom UPH lainnya.

“Mungkin satu sisi awalnya kita lihat sistem Turnitin itu berat. Namun dengan Turnitin mendorong kita untuk berpikir tidak menyepelekan tugas yang harus dikerjakan hanya dengan copy-paste beragam sumber. Namun dengan sistem ini pastinya kita terdorong maju dalam berpikir untuk menyelesaikan tugas. Secara pribadi saya mengapresiasi sistem Turnitin ini.

Marsha menambahkan, baginya dengan mengikuti materi kuliah dan mampu mengerjakan tugas yang diberikan, serta berhasil melalui sistem Turnitin membuatnya merasa bangga. Baginya ini bukan sekadar mendapat nilai, tapi menjadi bukti proses belajar dan pencapaian dirinya dalam menempuh pendidikan.