Dalam rangka melindungi para peserta didik dari paparan penyeberan  virus Covid-19, Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) menetapkan kebijakan turut mengubah sistem perkuliahan menjadi pembelajaran berbasis online yang mulai efektif dilaksanakan pada Rabu, 18 Maret 2020. Selain itu pelaksanaan kegiatan KOAS pun ditunda mulai dari tanggal 23 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan tergantung pada situasi dan kondisi.

Seluruh materi perkuliahan akan direkam dalam bentuk videoserta kegiatan praktik dan lab akan disampaikan dalam bentuk video dan tugas secara online. Kegiatan diskusi atau kerja kelompok tetap ada, dan dilakukan secara online.

Metode pembelajaran tetap mengacu pada PBL (Problem Based Learning) yaitu metode pembelajaran kelompok kecil yang dipandu tutor secara online. Kemudian OSPE (Objective Structure Pharmaceutical Examination) – ujian materi yang telah dipelajari di lab selama satu semester juga secara online. Tanpa terkecuali, kegiatan Clinical Skills, presentasi, praktikum, skripsi, hingga Final Project, juga dilakukan secara online.

Seluruh kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan video call, atau mahasiswa diajak untuk belajar mandiri sesuai dengan materi yang diberikan dosen atau tutor melalui media online. Mahasiswa pun dinyatakan sudah melakukan absen apabila sudah mengumpulkan tugas yang diberikan sesuai dengan waktu pengumpulan yang ditentukan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa tetap mendapatkan seluruh materi perkuliahan dan sebagai salah satu bentuk pengukuran capaian mahasiswa. Dalam pelaksanaan online learning, FK UPH menggunakan Learning Management System (LSM) untuk menyebarkan chat, file sharing, dan video conference ke beberapa media sosial, sehingga mudah untuk diakses mahasiswa.