Dogma adalah band indie dari Kota Kupang NTT yang telah merilis album pertamanya yang berjudul Animus pada tanggal 17 Mei 2020 membawa genre musik alternative rock. Dogma terbentuk pada 27 Februari 2020 dengan personil Remon Mekeng (Vokal/Gitar), Efan Bili (Drum), Krisna Adytia (Bass).

Mengenal sang vokalis Remon Mekeng, mengawali debut pertamanya pada tahun 2016 dengan genre deathcore dan menciptakan 2 lagu dengan judul Time For My Family & Insomnia. 2020 Remon Mekeng memutuskan membentuk project baru yang diberi nama Dogma, bersama Efan Bili & Krisna Adytia untuk melanjutkan 2 lagu tersebut sampai mengeluarkan sebuah album yang berjudul Animus.

Selain menjadi vokalis band Dogma, Remon sapaan akrabnya, juga menjadi otak dalam band Dogma, dia dikenal sangat brilian dalam membuat  komposer musik.

Proses produksi album dikerjakan secara independen oleh Poor Home Recording,

"Dinamakan demikian karena album ini murni home recording dengan alat yang seadanya, tanpa berniat mengurangi kualitas musik dan lain-lain, meskipun dapat dikatakan seadanya, kami akan membuktikan bahwa kami mampu" ujar Remon.

Dalam lbum Animus, lagu yang dibawakan oleh band Dogma yang berjudul Senyum Pelosok Negeri di dedikasikan untuk pendidikan di pelosok Indonesia khususnya di pelosok timur Indonesia yang masih sangat membutuhkan perhatian dari banyak pihak terutama pemerintah. Remon Mekeng sebagai song creator dan vokalis sekaligus lead guitar berharap agar lagu Senyum Pelosok Negeri ini dapat menginspirasi dan menyadarkan banyak orang agar semakin peduli terhadap generasi penerus bangsa dalam bidang pendidikan khususnya di daerah-daerah pelosok indonesia.

Kalau kalian penasaran dengan lagu-lagu full album Animus dari Band Dogma, kalian sudah bisa dengar di semua platform musik digital yang ada di Hp kalian masing-masing.