Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) dan Yayasan Pendidikan Harapan Papua (YPHP) sebagai institusi yang berfokus di dunia pendidikan berkualitas untuk Indonesia menerima bantuan beasiswa pendidikan dari Lippo Malls Indonesia yang ditujukan untuk membantu pendidikan 1.000 anak di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Danny Crayton, Chief Marketing Officer Lippo Malls Indonesia, kepada Ir. Nursari Dewi Lugito, M.Pd., Outreach Director YPHP, serta disaksikan oleh Stephanie Riady, B.A., M.Ed. selaku Executive Committee YPPH pada tanggal 6 Agustus 2019 di Lippo Mall Kemang, Jakarta.

Total bantuan dana yang hampir mencapai 4 milyar rupiah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil secara signifikan, serta memberikan kesempatan kepada sejumlah anak didik untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas tanpa memberatkan para siswa secara finansial.

Hal ini sejalan dengan program Indonesia Pintar (PIP) yang dicanangkan Pemerintah guna mewujudkan pemerataan pendidikan dan menyediakan bantuan pendidikan bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu di daerah terpencil di Indonesia.

Danny Crayton selaku Chief Marketing Officer Lippo Malls Indonesia menjelaskan, “Lippo Malls mengharapkan kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk CSR perusahaan, namun juga sebagai program jangka Panjang yang berkelanjutan dan memiliki dampak kepada masyarakat Indonesia khurusnya kepada anak-anak usia sekolah yang kurang beruntung dan yang berada di daerah terpencil untuk tetap dapat mendapatkan pendidikan yang baik.”

Jajaran sekolah di bawah naungan YPPH saat ini meliputi Sekolah Pelita Harapan (SPH), Sekolah Dian Harapan (SDH), Sekolah Lentera Harapan (SLH), UPH College, Hope Academy, Universitas Pelita Harapan (UPH). Sekolah-sekolah ini melayani pendidikan dari Pre-TK sampai tingkat universitas dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Visi YPPH adalah menyediakan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, dan dengan bantuan beasiswa pendidikan dari Lippo Malls Indonesia ini, tentunya YPPH dapat memberi dampak yang semakin besar terhadap masyarakat Indonesia, terutama bagi siswa di pelosok yang belajar di SLH. Begitu juga melalui YPHP, yang berfokus pada pendidikan bagi anak-anak di daerah Papua.

“Atas nama YPPH, kami sangat berterima kasih kepada Lippo Malls untuk dukungannya bagi 1.000 siswa Sekolah Lentera Harapan, agar mereka dapat terus belajar di SLH. Kami akan menyalurkan biaya kepada sekolah-sekolah di Sumatera, Sulawesi, dan NTT. Di daerah-daerah itu ada tempat-tempat yang belum memiliki pendidikan yang berkualitas. Misalnya, di daerah Rote di NTT, yang adalah salah satu daerah termiskin di Indonesia. Kita menghadirkan pendidikan yang berkualitas di kota-kota seperti itu,” jelas Stephanie Riady pada acara penyerahan bantuan beasiswa.

Saat ini, target YPPH adalah untuk membangun 10 SPH, 100 SDH, dan 1000 SLH di seluruh Indonesia, guna memastikan bahwa peserta didik di bagian yang terpelosok di Indonesia pun dapat memperoleh pendidikan dengan standar yang telah ditentukan oleh YPPH, yang tidak kalah berkualitas dengan layanan pendidikan yang tersedia di perkotaan. YPPH dan YPHP terus mengupayakan untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia yang semakin unggul.