Penyedia riset pasar intelligence terpercaya untuk ekonomi aplikasi global, Sensor Tower, baru saja merilis hasil riset untuk kuartal empat tahun 2019, menunjukkan aplikasi seluler yang paling diminati selama periode waktu tersebut. Menunjukkan pertumbuhan yang pesat, Likee, yang sebelumnya bernama LIKE Video dari Bigo Technology, menempati posisi ketujuh pada kategori aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada Q4 2019.

Berdasarkan data Store Intelligence Data Digest Q4 2019 ini, Likee dinilai mengalami pertumbuhan yang cepat dalam kategori media sosial atau aplikasi non-game di seluruh dunia. Sebagai hasil dari peningkatan fitur yang dilakukan secara konsisten, Likee berhasil mendapatkan banyak perhatian di Internet dan membuatnya mencapai posisi ketujuh pada kategori ‘Overall Worldwide’ berdasarkan jumlah unduhan di seluruh dunia. Kategori ini memberikan hasil dari jumlah unduhan di App Store dan Google Play sejak 1 Oktober hingga 31 Desember 2019.

 “Kami senang Likee berhasil masuk dalam daftar ‘Overall Worldwide Downloads’ dan ‘Top Apps’ di mana kami menjadi salah satu aplikasi yang secara keseluruhan mencapai unduhan terbanyak di dunia. Kami merasakan pertumbuhan yang sangat cepat di sepanjang tahun 2019. Perkembangan dalam waktu singkat ini tentu salah satunya merupakan hasil dari konsistensi kami dalam meningkatkan fitur-fitur aplikasi dan menghadirkan inovasi bagi masyarakat Indonesia. Likee ingin mendukung pengguna untuk menciptakan konten yang semakin kreatif dan menarik.  Pencapaian ini tentu memperkuat posisi kami sebagai platform pembuatan video pendek dengan perkembangan yang signifikan di dunia,” ujar Erwin, Manager of Creator Operation Likee.

Selain mengeluarkan daftar peringkat untuk Q4 2019, Sensor Tower juga mengeluarkan daftar peringkat tahunan sepanjang 2019. Seperti yang tercatat dalam laporan, Likee menduduki peringkat keenam dalam kategori ‘Top Apps’ di 2019, mengalahkan YouTube, Snapchat, dan Netflix. Hasil ini didapat berdasarkan banyaknya jumlah unduhan aplikasi di App Store dan Google Play di seluruh dunia sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2019. Likee berhasil mendapatkan lebih dari 330 juta download atau tumbuh sebanyak 173% YoY (tahun ke tahun) di 2019.

Sensor Tower secara khusus mengamati tren aplikasi seluler terkini di Q4 2019 berlandaskan pada perhitungan per pengguna (per-user basis) atau hanya satu unduhan per akun Apple atau Google. SensorTower tidak melakukan penghitungan apabila pengguna mengunduh aplikasi yang sama melalui beberapa perangkat, melakukan pembaruan, atau bahkan menginstal ulang aplikasi yang sama.

Desember lalu, menurut laporan App Annie, Likee berhasil menjadi aplikasi nomor satu dalam 'Top 10 Breakout Apps' List pada tahun 2019, diikuti oleh Noizz dari YY Inc dan Helo. Laporan tersebut mengapresiasi aplikasi yang memperoleh pertumbuhan terbesar pada pengunduhan atau pemakaian oleh konsumen antara 2018 dan 2019.

Akankah Likee Menjadi Fenomena Selanjutnya?

Sebagai platform untuk membuat video pendek yang dapat diedit menggunakan beragam efek khusus dan musik, Likee saat ini menjadi tren yang kian berkembang di media sosial. Dengan pencapaian ini, Likee telah membuktikan potensinya di mana Likee berhasil tumbuh dengan cepat dan menjadikannya sebagai aplikasi yang mendapat banyak perhatian.  Likee berhasil membangun eksistensinya dan siap untuk menghadapi persaingan.

Likee telah berkolaborasi dengan banyak musisi Indonesia untuk challenge dengan lagu dan tarian yang menarik. Melalui berbagai challenge yang menarik, Likee menawarkan peluang baru untuk mempromosikan lagu yang baru rilis. Likee saat ini menjadi salah satu platform yang paling disukai bagi penyanyi Indonesia untuk mempromosikan lagu-lagu mereka kepada publik.