WHO resmi menyatakan Covid-19 sebagai wabah pandemi, semenjak pernyataan tersebut masyarakat seluruh dunia pun menjadi cemas.
Kecemasan tersebut di karena kan, penularan nya yang sangat cepat, juga melihat angka kematian di seluruh dunia yang sudah merenggut ribuan korban jiwa. Berita-berita tentang Covid-19 selalu menjadi topik hangat di berita televisi, radio, dan media cetak. Banyak sekali media berita memberikan informasi yang terkesan di lebih-lebihkan sehingga membuat masyarakat yang menonton panik dan cemas.

 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa panik dan cemas tersebut? Yuk simak di bawah ini!

 

1. Batasi Diri Membaca dan Melihat Berita
Dengan membatasi diri untuk melihat berita-berita media, akan membuat kamu lebih tenang dalam menanggapi isu-isu Covid-19.

Mulai untuk mencoba alihkan aktivitas yang biasanya kamu sering membaca berita-berita terkini tentang COVID-19 menjadi aktivitas lain yang lebih positif, misalnya berolahraga, memasak, atau fokus dengan pekerjaan dan tugas-tugas lain nya. Hanya mengalihkan pikiran kamu, tapi juga membantu mengatur emosi dan bisa membuat koneksi positif.

 

2. Fokus Pada Pencegahan
Coba untuk bisa fokus untuk menyelesaikan masalah yang menimbulkan rasa cemas tersebut.
Jika, kamu merasa cemas saat melihat atau membaca berita tentang update korban yang terjangkit Covid-19 hingga meninggal dunia.

Kamu bisa menjadi hal tersebut sebagai motivasi diri untuk lebih menjaga kesehatan terutama meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular virus Covid-19 tersebut.

 

3. Mencari Berita Lain yang Lebih Positif
Memang tidak dapat di pungkiri, sangat sulit memilih berita yang terjamin keaslian atau kredibilitas nya. Dan sangat sulit juga mencari media yang tidak memihak suatu kepentingan tertentu.

 

Untuk itu dari pada kamu menonton dan membaca berita tentang Covid-19 yang masih simpang siur kebenaran nya.
Coba lah untuk mencari berita lain yang lebih positif dan menarik, untuk mengisi kejenuhan kamu di rumah.

Atau kamu bisa coba untuk lebih produktif menjalani WFH di rumah dan fokus pada pekerjaan kamu.