Dalam rangka menghentikan penyebaran virus Covid-19, pemerintah menetapkan kebijakan untuk tidak keluar rumah jika bukan urusan yang mendesak. Maka dari itu, mulai dari belajar, bekerja, bahkan beribadah juga harus dilakukan di rumah. Tentunya, hal ini juga berpengaruh terhadap bidang pendidikan. Bukan hal mudah dalam menerapkan peralihan sistem ini. Dari yang tadinya tatap muka beralih menjadi menggunakan online apalagi bagi institusi pendidikan yang belum siap melakukan sistem pembelajaran secara online.

Respon cepat dalam mengantisipasi peralihan sistem pembelajaran ini sudah dilakukan oleh UPH Kampus Surabaya bahkan sebelum pandemi Covid-19 diumumkan masuk ke Indonesia. Sejak awal tahun 2020, UPH menerapkan metode pembelajaran online yaitu Hybrid Learning. Hybrid Learning awalnya dipakai pada Sebagian mata kuliah terutama dalam melakukan pelaksanaan kuliah dosen tamu dari luar negeri.

Dalam menerapkan sistem kuliah online ini, UPH Kampus Surabaya langsung cepat tanggap melakukan secara utuh pada program sarjana ataupun pascasarjana untuk seluruh program studi, Akuntansi, Manajemen, Hukum, Magister Hukum dan Magister Manajemen.

Baik mahaiswa ataupun dosen telah menerima pelatihan untuk memaksimalkan penggunaan sistem ini. Tidak hanya itu UPH juga telah membuat buku panduan petunjuk penggunaan Moodle disertai video tutorial yang sangat membantu pengguna. Dengan didukung Learning Management System (LMS) menggunakan moodle berbasis open-source dan dapat diakses melalui learn.uph.edu.

Mahasiswa tetap bisa mengerjakan berbagai aktifitas secara online seperti mengerjakan tugas, quiz, atau diskusi lewat forum yang sudah disediakan. Dalam hal berkomunikasi dan koordinasi, mahasiswa dan dosen memanfaatkan media e-mail, WhatsApp group, atau melalukan kelas online mengunakan  Microsoft Teams. Bahkan, UPH Kampus Surabaya juga telah melaksanakan ujian proposal dan Tugas Akhir secara online menggunakan Microsoft Teams.

Untuk kamu yang ingin merasakan kemudahan melakukan sistem kuliah online, kesempatan untuk berkuliah di UPH masih sangat terbuka! Dan nggak usah khawatir lagi, guys! Karena dengan Hybrid Learning, kuliahmu nggak akan terhambat!