Kegiatan belajar mengajar secara online sudah mulai diterapkan oleh UPH Kampus Medan sejak pertengahan Maret. Sosialisasi dilakukan kepada dosen mengenai teknis dan pelatihan pengoperasian sistem online learning melalui aplikasi seperti Zoom dan Microsoft Teams. Selain itu penggunaan UPH Learning Management System Moodle juga dimaksimalkan. Kegiatan perkuliahan online sejauh ini telah berjalan cukup lancar dan mendapat sambutan baik para mahasiswa. Metode pembelajaran online yang diimplementasikan dapat tetap menarik minat belajar mahasiswa dalam situasi yang kurang kondusif pada saat ini. Hingga saat ini kegiatan perkuliahan online UPH Kampus Medan dapat berjalan dengan baik dan didukung oleh antusiasme dari para mahasiswa.

Meskipun sedang menjalani social distancing, UPH Medan melakukan kegiatan yang dilakukan diantaranya mengadakan kontes membuat vlog tentang kegiatan sehari-hari yang bermanfaat dan menginspirasi dalam situasi pandemi. Kontes ini mendorong mahasiswa untuk tetap kreatif dan produktif serta membantu mereka untuk tetap bisa bersosialisasi dengan mahasiswa. Student Life juga membagikan video berisi pesan-pesan semangat dari para dosen dan staf melalui akun media sosial, untuk memberikan dorongan dan perhatian kepada mahasiswa agar tetap merasa dekat dengan kampusnya.

Selain itu, UPH juga mengajak mahasiswa dan dosen peduli sesama di tengah situasi darurat Covid-19, melalui penggalangan dana yang digalang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPH Kampus Medan, untuk membantu para tenaga medis yang sedang membutuhkan Alat Perlindungan Diri (APD). Hasil penggalangan dana disalurkan ke sejumlah Rumah Sakit yang membutuhkan di kota Medan.